Sejarah Pomade Dan Stylenya

Bookmark and Share

 

Sejarah Pomade Dan Stylenya


Pomade tak terlepas dari Style orang orang yang mempopulerkannya. Kita semua tahu, bahwa om Elvis Presley lah yang mempopulerkan gaya rambut Pompadour (Nama Pompadour sendiri adalah nama seorang bangsawan wanita yang pertama kali menggunakan Style ini secara umum). Ciri khasnya, rambut samping dipangkas tipis, disisir ke belakang biar klimis, dan pake jambul didepannya. :D

Elvis dan para Greaser (Anak muda pencinta Rock n Roll ala Elvis) yang mempopulerkannya, dan style ini serta gaya hidupnya menjadi sangat lekat hingga sekarang. Walau mendapat gempuran kaum Hippies dengan anti kemapanannya (Gaya rambut ini terkesan Elit kala itu), namun berkat para Greasers dan Hot-Rodders, pabrikan Pomade di Amerika ga jadi bangkrut hehe.

Butuh lebih banyak bukti lagi tentang ke Gentleman-an gaya ini? Coba tengok potret lama Bapak pendiri bangsa kita, konon Moh. Hatta dan Ir. Soekarno juga memakai pomade biar style mereka makin klimis (Coba liat dibalik Peci di lembaran uang 100 ribuan, silahakn di trawang hehe).



Dan, akhir 80' an dengan munculnya kaum Punk Rocker, yang mengusung gaya Rockabilly, style ini juga kembali populer.

Pompadour Ternyata Lahir Dari Thailand
Memang, kaum Rockabilly yang mempertahankan style ini, namun, apa bro tau kalau yang pertama kali menemukan dan memakai style ini adalah penduduk Thailadn? Sejak abad ke 15 penduduk di Siam (Thailand)-lah sang founding father untuk style ini.


Sejarahwan Anthony Reid berpendapat seperti dikutip oleh Majalah Historia, ada beberapa versi sejarah penggunaan gaya rambut yang disebutnya gaya rambut sapu ini. 
  • Pertama, karena seorang raja Siam yang marah karena nasinya sering kejatuhan rambut pelayannya. 
  • Kedua, gaya rambut ini dipakai oleh perempuan untuk menipu orang Birma (sekarang Myanmar) agar nganggep kaum wanita di garis belakang pertempuran adalah juga serdadu pria. 
  • Ketiga, mata-mata Chiengmai harus memotong pendek rambutnya biar keliatan culun dan nggak menarik perhatian. Ya intinya, di masa itu rambut pendek cepak disisir sapu itu diasosiakan sebagai gaya rambut budak deh. 
Nah, seiring waktu, style tersebut mulai populer di Thailand dahulu kala, hingga sekarang style ini bangkit kembali, From Low to High bro.
Sekian sejarah singkat tentang Pomade dan Stylenya, semoga bisa menambah pengetahuan dan Soul bro semua, kritik, saran dan komen sangat ane harapkan :D

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar